Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot

Bookmark and Share

Banyak teman saya bertanya bagaimana cara membuat Blog yang bagus??? Aneh bukan?menurut saya membuat Blog itu gampang dan mudah, namun ternyata masih ada yang belum bisa membuat Blog. Ya, maklumlah mereka tidak bisa. saya dulu juga belum bisa membuat Blog. dan tidak mengerti sama sekali tentang Dunia Internet. Sekarang saya akan sedikit sahre tentang cara membuat Blog yang mudah dan gampang.

Berikut adalah cara membuat Blog disertai gambar (yang saya ambil dari sini)

Pertama-tama ketikkan alamat ini : http://www.blogger.com 
Di Addres bar pada Web Browser anda masing-masing





Pada Gambar diatas klik saja gambar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA (Dalam Bahasa Indonesia) Namun sekarang Kata-katanya sudah berubah menjadi "BUAT BLOG" . Ya, pokoknya anda pasti mengertilah bagaimana cara masuk ke Sign UP Account Blogger anda.

Kemudian Langkah berikutnya adalah daftar Blog anda. Sebenarnya akan lebih mudah jika anda sudah mempunyai Google Account semisal Gmail ataupu Google Groups.






Nah, di Halaman tersebut akan keluar beberapa form seperti gamabr diatas. Terus Jika ada yang masih kebingungan cara mengisinya.Oke, Saya beitahu apa-apa yang harus diisi.

 Form Pertanyaan                                              Form Isian                                       Petunjuk
Alamat email 
(harus sudah ada)
Masukkan Alamat Email Anda
Ketik ulang alamat email
Tulis Ulang Alamat Email Anda yang diatas
Masukkan sebuah password
Masukkan Password Anda (Password ini akan dipakai untuk sign in ke Account anda)

Ketik ulang sandi
 Ketik Ulang Password Anda Yang diatas
Nama Tampilan
Nama yang akan Anda Pakai untuk setipa postingan Anda (Misalnya anda menulis suatu Artikel kemudian penulisnya siapa?? nah itu diisi disini)
Ulang tahun 
Format Penulisan Seperti ini Tahun/Bulan/Tanggal  (mis. "2010/02/21")


Verifikasi Kata
Verifikasi visual
 
Masukkan Tulisan Yang sesuai dengan  Gambar
Penerimaan Persyaratan
 Saya menerima Persyaratan dan Layanan
Centang/Conterng saja checkbox disamping 


Nah kalau sudah Tinggal Klik saja Tombol Next di Pojok Kanan Bawah..

Lalu setelah semua syarat dipenuhi akan tampil seperti tampilan berikut. Namun apa bila tidak tampil, maka ada yang salah dalam pengisian form diatas. Silahkan Cek lagi Form isian anda, apakah ada yang salah. Biasanya Blogger akan memberitahu bagian yang salah.








Well, setelah keluar Tampilan seperti berikut isi Judul Blog dengan Judul Blog Anda. Misalnya jika anda ingin membua Blog tentang Software dan Komputer. Tinggal tulisa saja Software and Computer. Nah lalu pada form alamat Blog (URL) masukkan alamat blog yang anda inginkan. Misalnya alamat blog saya kan http://pintu-kaya.blogspot.com maka saya memasukkan pintu-kaya.. subdomain .blogspot akan otomatis ditambahkan ke Blog anda. Jangan lupa untuk mengecek ketersedian URL yang akan anda masukkan. Karena siapa tahu saja Alamat Blog yang ingin anda masukkan sudah kedahuluan oleh orang lain... Jika sudah selesai, tinggal klik saja tombol Lanjutkan atau Next atau Continue.

Nah, jika sudah slesai dengan tahap diatas. Maka kamu akan masuk Pilih Template. seperti Pada Gambar  berikut ini:





Misalnya anda memilih Template Tic Tac, maka anda klik saja Tombol Radio Button pada Template Tic Tac, kemudian tinggal klik Lanjutkan / Next. nah, Blog Anda Sudah Online deh. Untuk Memulai Blogging / Menulis Artikel di Blog anda tinggal klik Mulai Blogging apad Page yang keluar setelah Pilih Template tadi. Ok, jika sudah masuk ke halman Mulai Blogging. Kamu tinggal tulis Artikel pertama kamu di Blog Pertama kamu itu...  Jika sudah selesai Menulis Artikel nya tinggal pilih Publish Post saja.... Dan Artikel Anda akan tampil pada Blog Anda

Selamat Anda sudah berhasil membuat Blog!!!!

Segitu Aja dulu Artikel dari Pintu Kaya ini. Kurang lebihnya mohon maaf... Semoga Berguna yah Artikelnya..

Semoga berguna yah, Artikelnya...

Related Post



{ 1 Komentar... Views All / Post Comment! }

Blog Tutorial mengatakan...

Trimakasi Infonya, Ternyata ada juga tips seperti ini, kembangkan lagi sob dan apabila ada rekan rekan yang mau belajar tutorial word 2007 dan ms excel 2007 kunjungi blog ane ya..

Posting Komentar