Mengenal Ragam ebook

Bookmark and Share
Seperti yang kita ketahui bersama. ebook sudah banyak dan bertebaran dimana-mana. Sekarang, saya akan membahas sedikit tentang Ragam ebook. atau jenis-jenis ebook.

Ragam eBook
Beraneka macam buku ‘berseliweran’ dengan format yang berbeda. Namun, secara garis besar bisa diketegorikan ke dalam dua macam, yakni yang bisa dibuka di semua komputer dan yang tidak. Masing-masing tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. 

Di antaranya ebook tersebut adalah:
1. Plain Text
Plain Text merupakan format yang paling universal untuk dokumen di dunia komputer. Format Plain Text sudah dikenal sejak tiga puluh tahun yang lalu. Sangat sederhana, tidak ada model huruf tebal, miring, kapital, kecil, dsb. Dan tidak mempunyai fasilitas enkripsi, so sangat cocok untuk eBook gratis.

2. HTML (Hypertext Mark-up Language)
Untuk membacanya dibutuhkan aplikasi browser. Biasanya, pengguna memilih Internet explorer, Mozilla, FireFox, Opera, dan lainnya. Membuatnya cukup mudah, cukup dengan frontpage, dreamweaver, atau bisa juga dengan notepad.

3. DOC dan RTF (Rich Text Format)
Format DOC merupakan standar word processor yang digunakan di seluruh dunia. Begitu juga dengan RTF, bisa dibuka di mana pun, baik oleh aplikasi Microsoft atau Opensource. Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan frotmat yang satu ini, bukan?

4. DVI (DeVice Independent)
Format .dvi adalah keluaran dari TeX dan LaTeX document processor. Format ini dikembangkan oleh Donald E Knuth dari Stanford University tahun 1977. Populer di kalangan perguruan tinggi dan lembaga penelitian. File yang dihasilkan relatif kecil sehingga sangat cocok digunakan untuk distribusi jurnal, makalah, tesis, dan technical report karena format ini memiliki fasilitas grafik terbatas. Jika menambahkan grafik, biasanya menyertakan file ilustrasi dalam format PostScript (.ps). Situs www.ctan.org menyediakan semua informasi tentang LaTeX. Perkembangan terakhir, kalangan perguruan tinggi sudah beralih ke .pdf untuk distribusi produk lmu mereka. Format di atas hanya digunakan untuk mengirim ke lembaga atau institusi penelitian yang lain.

5. PDF (Portable File Document)
Format .pdf termasuk yang paling aman dan paling banyak digunakan untuk distribusi dokumen digital. Dikeluarkan oleh Adobe System yang merupakan perusahaan terunggul dalam desktop publishing. Aplikasi Adobe Acrobat Reader harus tersedia untuk membaca format pdf. Membuat file .pdf juga cukup mudah, tinggal buka dokumen yang telah disiapkan kemudian lakukan print ke dalam printer pdf yang telah terinstall. Namun, kerugian format ini adalah ukuran yang dihasilkan kadang-kadang besar dan jika font yang dipakai tidak tersedia, tampak tidak enak dimata. Keuntungannya adalah tersedia fasilitas keamanan password terhadap aksi-aksi yang akan dilakukan terhadap dokumen, seperti meng-copy, cetak, edit dsb. Jika ingin lebih tahu tentang PDF, silakan buka alamat http://www.adobe.com

6. Compiled HTML Help File (CHM)
Terkenal dengan sebutan format CHM. Banyak sekali buku-buku elektronik yang memakai format ini. Sebagai turunan HTML, format CHM mampu menyimpan banyak halaman beserta link-link-nya dalam satu file saja. CHM mampu mengatur halaman seperti layaknya sebuah buku. Mengatur penempatan setiap bab dan navigasi yang nyaman. Menyediakan juga fasilitas daftar isi, pencarian, dan favorit. Kita hanya dituntut menyediakan aplikasi Internet Explorer minimal versi 4.0

Nah, banyak juga jenis-jenis ebook. Nggak cuma berformat pdf ataupun exe saja kan??

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar