Anak Jogja Unjuk Gigi di Kompetisi Robot

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Fantastis, begitulah kata yang tepat yang bisa digambarkan dalam Kompetisi Robot yang diadakan di Kampus Universitas Yogyakarta (UNY. Bagaimana tidak fantastis, karena ada sekitar 61 tim robot yang siap berkompetisi dalam Kompetisi tersebut. Ke-61 tim robot tersebut unjuk gigi dengan hasil karya merka masing-masing. Wah, anak Jogja memang top yah, kapan nih anak Tangerang bisa buat Kompetisi kayak begituan, hehe. 

Seperti yang Pintu Kaya kutip dari detikinet. Sebanyak 61 tim beradu robot di ajang Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia. Mereka berkompetisi untuk menjadi yang terbaik mewakili daerah regional 3 di Yogyakarta.

Tim-tim itu berasal dari 29 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di regional 3, yaitu: Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Kalimantan.
Di Kampus Universitas Yogyakarta (UNY) mereka saling berlomba untuk memperebutkan kursi ke ajang final Nasional. Final ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) akan digelar di Malang, pada Juni 2010.

"Tim yang berhasil meraih peringkat 1, 2, dan 3 akan mendapatkan kesempatan berlomba lagi di ajang nasional di Malang pada bulan Juni," ujar Kuncoro Ariyo Wibowo selaku Ketua LO.

Nantinya, pemenang di tingkat nasional akan menjadi wakil Indonesia di ajang Kontes Robot Tingkat Asia Pasifik ABU ROBOCON 2010 di Mesir.

"Selain itu bagi tim yang mempunyai nilai terbaik juga akan disertakan setelah disanding nilai terbaik di regional lainnya untuk unjuk gigi di ajang nasional nanti," Kuncoro melanjutkan.

Dalam kontes ini terdapat 3 tema pertandingan robot, yaitu:

  • Robot bersama membangun Candi Prambanan
  • Robot pemain bola
  • Robot cerdas pemadam api, terdiri dari 2 kriteria Senior Beroda dan Berkaki

Dari 61 tim ini, terdapat 15 tim untuk KRI dan 11 tim untuk KRCI battle. Untuk KRCI berkaki akan diikuti 12 tim dan 23 lainnya mengikuti KRCI beroda.

Ajang 'adu robot' ini berlangsung sejak hari Jumat (14/5/2010) dan selesai pada hari Sabtu (15/5/2010) di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Yogyakarta.

Wah, ternyata begitu. Sukses yah buat anak-anak Jogja yang bersiap untuk Unjuk gigi.

Related Post



{ 1 Komentar... Views All / Post Comment! }

mancagok mengatakan...

waow...benar-benar Fantastis, Robot pemadam api???
kira2 api sebesar apa ya yg bisa di padamkannya, apa bisa diaplikasikan untuk memadamkan kebakaran hutan??? maklum indonesia pernah menjadi negara donatur asap

Posting Komentar