iPed : Kembaran iPad Buatan China

Bookmark and Share
Pintu Kaya - China memang sarangnya peniru. Nggak percaya? lihat aja gambar disamping kiri ini. yang Sobat Blogger alihat bukanlah iPad yang menjadi bahan pembicaraan di berbagai penjuru dunia. Melainkan bentuk tiruannya yang diciptkan China, dengan nama iPed.

Wah dari namanya saja sudah hampir sama apakah harganya juga sama? Tentu tidak, seperti yang Sobat Blogger ketahui bersama, biasanya harga-harga yang diberikan Produk-produk China jauh lebih murah daripada aslinya.
Kalau iPad yang dijual Apple harganya bisa mencapai US$ 500 atau sekitar Rp 4,6 juta. Nah, kalau iPed ini harganya kira-kira berapa Sobat Blogger sekalian? Ternyata Harga iPed ini hanya berkisar US$ 150 atau sekitar Rp 1,38 juta. Jelas sangat jauh sekali perbedaan harganya. Saya jadi ingat dengan guru ngaji saya yang mempunyai iPhone buatan China. Bentuknya mirip sekali dengan iPhone buatan Apple, namun harganya hanya 900.000 rupiah saja. wow, China memang sarangnya peniru.

Bagiamana dengan spesifikasinya? Berikut penjelasan spesifikasi menurut detikinet, "Secara fisik, wujud iPed nyaris sama dengan iPad. Hanya saja tablet ini lebih berat sekitar 0,8 kilogram dibanding iPad. Untuk urusan storage a.k.a penyimpanan data, iPed dilengkapi slot micro SD dengan kapasitas hingga 16 GB. Perangkat ini dilengkapi RAM yang lumayan, yakni 1 GB. Spesifikasi ini berbeda jauh dengan iPad, yang disisipi storage hingga 64 GB, meski RAM-nya hanya 256 MB.

Perbedaan utama iPed dan iPad adalah sistem operasi (OS) yang dipakai pada keduanya. Lantaran hanya barang tiruan, iPed tentu tak akan memakai OS milik Apple. OS yang ditanamkan pada iPed adalah Android versi 1.5 alias Cupcake.

Dalam laporan Chinagrabber, iPed dibekali prosesor RockChip 600-MHz dan resolusi layar hanya 800 x 480 piksel. Bandingkan dengan iPad yang dilengkapi prosesor Apple A4 1-GHz plus resolusi layar 1024 x 768 piksel. Ukuran layar iPad pun sedikit lebih besar dibanding iPed, yakni 9,7 inch versus 7 inch."

Untuk urusan koneksi, iPed memang agak payah. Produk ini hanya dilengkapi perangkat WiFi sederhana yang hanya mendukung tipe Wireless B dan Wireless G. Oleh karena itu, banyak yang meragukan Orphan Electronics akan merilis versi yang berbeda dari iPed, sebagaimana Apple merilis beragam versi iPad.
Nah, sekarang tergantung pilihan anda masing-masing, mau milih iPad atau iPed?

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar