Setahun lagi IPv4 akan habis?

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Perkembangan Internet saat ini sangat diluar jangkauan akal Pikiran Manusia. Coba bayangkan saja, IP address atau mungkin yang lebih tepatnya IPv4 akan segera habis karena banyak sekali permintaan akan IP address. kabarnya hanya dalam satu tahun atau mungkin beberapa bulan lagi Dunia akan kehabisan IP Address. ya, saya rasa ini wajar dan oleh karena itu muncullah IPv6 yang kebetulan tadi saya pelajari di Sekolahan saya.

Konon menurut berita yang saya baca di Okexone dan juga penuturan dari Guru saya. Kabarnya sisa IPv4 ini hanya tinggal beberapa milyar lagi. Karena setiap ada website yang bermuculan maka akan memakan 1 IP address yang ada di Internet ini.

Seperti yang dilasnir Okexone dalam artikelnya. "Ketika protokol IPv4 dikembangkan 30 tahun yang lalu, tampaknya menjadi upaya yang wajar untuk memberikan alamat yang cukup, mengingat kala itu komputer pribadi tidak benar-benar ada. Ide bahwa telepon selular juga membutuhkan alamat IP kala itu belum terpikirkan. Demikian juga penyematan alamat IP pada perangkat IP dan kulkas, menurut para ahli kala itu dianggap cukup menggelikan," ujar Carrier Relations Manager di perusahaan ISP Internode John Lindsay, seperti dikutip melalui SMH.

Menurut saya ini adalah masalah serius. Oleh karena itu saat ini terus dikembangkan siste IPv6 yang saat ini juga masih dalam tahap perkembangan. Namun banyak dari kita yang tidak mau pindah ke IPv6 karena prosesnya yang ribet. Padahal jika anda ketahui, IPv6 memiliki triliyunan IP address. Sehingga membuat kita tidak kekurangan IP address lagi.

Lalu kenapa IPv4 bisa atau akan habis. Pasalnya saat dunia Internet elum senge-trend sekarang. Orang-orang dahulu mungkin tidak menyangka bahwa Internet bisa menjamur kemana-mana. Mungkin mereka pikir Internet hanya dipakai oleh kalangan tertentu saja. Sehingga mereka tidak sadar bahwa Internet Mobile sekarang sudah menjamur.

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar