Medulang Uang dengan Free Software (Web Developer)

Bookmark and Share
Pintu Kaya - pada kesempatan kali ini saya akan men-share tips dan sedikit inspirasi mengenai menghasilkan uang dengan hanya modal dengkul. Karena saya sebagai freelancer di bidang web developer. Saya pun juga sering mendapatkan project yang nilai'a lumayan.

Pada dasarnya untuk mebuat web yang dipesan oleh klien tentunya saya harus punya modal. Seperti modal uang untuk membeli domain dan menyewa hosting, ataupun perangkat komputer dan sfotware-software nya yang kebanyakan berbayar.

Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya kita tidak perlu membeli software-software mahal yang bisa menguras kantung anda. Tentu disini saya tidak menayrankan untuk menggunakan Software-software bajakan. Justru sebaliknya, daripada menggunakan Software-software bajakan. alangkah lebih baiknya kita menggunakan software-software yang gratis dan juga open Source. Weits, jangan mentang-mentang gratsi anda langsung bernada sinis. karena pada kenyataannya yang gratis pun kulaitasnya tidak kalah dengan yang mahal. jadi, buat apa kita menggunakan perangkat dan software bajakan ataupun software mahal jika ada software sejenis yang mempunyai kualitas yang hampir sama dan menawarkannya dengan harga cuma-cuma?

Nah, pad kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi tips dan saran untuk menggunakan Software gratisan atau freeware ini khusus untuk perlengkapan para web developer.

1. Operasi Sistem.
Sekarang era windows sudah berakhir bagi para developer kreatif yang bermodal dengkul saja. Karena sudah ada Operasi sistem yang gratis dan fasilitasnya cakep seperti Linux dengan distronya. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan Ubuntu ataupun OpenSuse. Karena kedua distro tersebut sudah mempunyai komunitas yang cukup besar. Sehingga jika anda mempunyai kesulitan yang berarti. Anda bisa menanyakan kepada komunitas tersebut. Saya sendiri juga bagian dari Komunitas Ubuntu, walaupun belum terlalu aktif.

2. Web Browser
Siapa yang tidak kenal dengan Mozilla Firefox? Google Chrome? Opera? dan web browser lainnya yang gratis dan open source. Sehingga anda dapat memakainnya tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Serta beberapa Web Browser tersebut dapat ditambahakn add-ons" ataupun extension pendukung yang dapat membantu kinerja para Web Developer.

3. Text Editor
Memang saat ini belum ada text editor yang menandingi Adobe Dreamweaver yang dulunya bernama Macromedia Dreamweaver tersebut. namun ada alternatif tools yang dapat membantu pengerjanan codingan anda seperti Notepad++, Netbeans, dan text editor lainnya.

4. Http://localhost
Localhost ataupun lokal server ini sngat penting untuk pengerjaan pemrograman anda yang sudah berhubungan dengan server. Ada Xampp baik untuk windows ataupun untuk linux dan Machintos. Adapula Wamp yang dikhususkan untuk windows. yang jelas Kedua aplikasi tersebut gratis total.

5. Image Editor
Siapa bilang aplikasi gratis tidak bisa lebih bagus dibandingkan yang berbayar? Gimp adalah buktinya. Photoshop'a para open source dan freeware maniak ini sangat mirip sekali dengan Image editor buatan Adobe tersebut. Sehingga membuan anda nyaman untuk melakukan editing di Gimp ini.

Begitual beberapa tools sederhana yang bisa para web developer pemula untuk menggunakannya. Namun jika anda sudah mempunyai budget ayng cukup untuk membeli Software yang mahal dan tentu saja Asli atau original. Saya sarankan anda untuk segera migrate ke Software tersebut. Karena tentunya anda akan lebih nyaman dan aman untuk menggunakan Aplikasi berbayar tersebut.

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar