Yuk Beralih ke Open Source [Sistem Operasi] Part 1

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Sudah berkali-kali saya membuat postingan mengenai Open Source. Kebanyakan postingan berupa tips, trik dan juga ajakan untuk pindah ke Software Open Source. Di era sekarang, mungkin era open source akan terus menjamur. karena semakin hari semakin banyak aplikasi open source yang bermunculan. Tidak hanya di luar negir saja. Di Indonesia sendiri juga banyak programmer yang membagikan software secara gratis dan juga opsen source. sehingga memudahkan anda untuk mengopresk source nya :)

Bagi para Brand ternama. Open source ini mungkin merupakan ancaman, karena dapat merugikan aplikasi mereka. Orang-orang mungkin juga berpikir (especially orang-orang Indonesia) : "kalau ada yang gratis dan bagus kenapa harus lebih mahal?" Ya. dengan aplikasi atau software gratis saja kita sudah bisa menjalankan aktivitas sehari-hari kita di depan komputer.

Kebetulan pada postingan kali ini, ayo kita tinggalkan program bajakan, terutama sistem operasi anda dan segera beralihlah ke Open Source. Jangan takut untuk mencoba. karena Sistem Operasi yang Open Source dan gratis ini hampir sama dengan sistem Operasi yang berbayar. Ya, bahkan lebih dari itu. Modding Desktop yang elegant dan fantastis membuat saya semakin bertambah yakin untuk beralih ke Open Source. bagaimana dengan anda?

Oke, saya akan berikan sedikit review dengan Sistem Operasi Gratis terutama Linux dan variant atau distro-distro nya. Tentu saja distor-distro tersebut adalah yang sedikit mirip dengan Windows. jadi anda bisa beradaptasi sedikit demi sedikit.

Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. (sumber: wiki)

Menurut saya Ubuntu adalah distro linux yang paling mudah dipakai dan sangat mendukung banyak software. Selain itu ubuntu disediakan berbagai edisi, kalau tidak salah ada 3 yaitu : Desktop, Server, Netbook.
Kalau untuk destop tentu saja tampilan GUI dan sangat user friendly. Sedangkan untuk server hanya berisi command prompt saja. Walaupun bisa juga GUI dijalanakan di Ubuntu server dengan sedikit trik saja.

Situs Resmi : http://www.ubuntu.com/
Komunitas Indonesia : http://www.ubuntu-id.org/
Komunitas di kaskus : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3968417
Silahkan anda mengunjungi Situs-situs diatas jika terdapat bebrapa pertanyaan yang ingin ditanyakan.

Linux Mint

Jika Ubuntu adalah pengembangan dari Debian. Sedangkan Mint adalah pengembangan dari Ubuntu. jadi aplikasi yang bisa jalan di Ubuntu, mampu juga berjalan di Linux Mint. Sama seperti Ubuntu, Linux Mint ini juga cocok untuk dipakai para pemula Linux yang baru saja migrate OS dari Windows ataupun yang tertarik untuk migrate OS dari Windows ke Linux ataupun Open Source lainnya.

Berbeda dengan Ubuntu yang komunitasnya sudah banyak di Indonesia. Komunitas Linux Mint masih kalah banyak dibandingkan Ubuntu. Namun tenang saja, tetap ada kok refrensi dan panduan dari Linux Mint dalam bahasa Indonesia.

Situs Resmi : http://www.linuxmint.com/
Komunitas Indonesia : http://linuxmint.web.id/
Komunitas di Kaskus : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5033876

Mungkin segitu dulu saja review yang saya berikan untuk ke dua distro tersebut. Semoga bisa menjadi sedikit masukkan bagi anda yang ingin beralih ke Open Source daripada menggunakan program bajakan ataupun program yang sangat mahal.

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar