Teknologi Masa Depan yang Peduli Lingkungan

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Akhir-akhir ini udara panas sekali. kalau kata teman sebangku saya yang bernama "Eka". Udara panas akhir-akhir ini disebabkan oleh meteor yang beberapa hari lalu sempat mengunjungi bumi tercinta kita ini. namun saya tidak langsung begitu percaya saja. Saya cari data dan informasi mengapa akhir-akhir ini Bumi tercinta kita panas saja.

Ternyata, saat ini Bumi dalam titik terdekat dengan Matahri, jadi di Seluruh belahan Dunia ini, suhu meningkat sebesar 4o. Wah, cuma 4o doang kok bukan masalah besar. eits, jangan salah. 4o itu sudah termasuk sangat tinggi. karena eh karena kenaikan satu derajat saja sudah cukup berpengaruh untuk kondisi lingkungan Bumi Kita ini. Bagaimana dengan kenaikan 4o tentu itu adalah masalah yang cukup serius.

nah, lalu bagaimana cara mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan? Mungkin dengan adanya tekhnologi yang Pintu Kaya akan share ini.
Berbagai teknologi telah dan tengah dipersiapkan untuk menuju masa depan yang peduli pada lingkungan, antara lain: energi untuk menghidupkan perkakas elektronik favorit, pembersihan sungai dari polusi dan sebagainya.  Apa saja yang bisa kita harapkan pada teknologi masa depan untuk menuju lingkungan hidup yang lebih baik?

Kapal Berenergi Mandiri Untuk Membersihkan Sungai


Kapal berikut ini selain bisa menghasilkan energi listrik dan penggerak sendiri, bisa juga berfungsi untuk membersihkan sungai dari polutan dan kontaminan. Energi diperoleh dari sinar matahari yang dirubah menjadi listrik pada panel surya yang terletak pada sebagian atapnya. Selain panel surya pembangkit tenaga listrik, kapal ini juga memanfaatkan arus sungai untuk memutar turbin hidro yang juga bisa menghasilkan listrik.
Sebagian bagian luar kapal juga dilapisi dengan titanium dioksida yang bereaksi dengan sinar ultra violet dari matahari guna melakukan membersihkan air sungai. Air dari sungai dipompa masuk ke dalam filtrasi bio untuk membersihkannya dari polutan dan kontaminan.

Di dalam kapal ini juga terdapat taman, sehingga bisa juga disebut taman terapung. Entah apa fungsi taman di dalamnya dengan tujuan pembersihan sungai. Mungkin saja taman di dalamnya ini untuk fungsi edukasi setiap kapal mampir di kota-kota besar.
Menghasilkan Listrik Dari Gula

Baterai untuk perkakas elektronik seperti ponsel sangat sulit untuk dibuang dengan benar agar tidak merusak lingkungan. Nah, kenapa tidak memakai baterai gula saja? Baterai ini memang baru-baru ini diluncurkan dan dipersiapkan untuk masa datang.


Secara sederhana, gula pada sisi anoda direaksikan dengan enzim menjadi glukonolakton + ion hidrogen + elektron. Ion hidrogen dan elektron berpindah ke sisi katoda, dan ketika mencapai katoda, oksigen diserap dari udara untuk menghasilkan air. Elektron yang bergerak melalui sirkuit inilah yang menghasilkan listrik. Tolong dikoreksi jika saya salah.

Enzim Bakteri Penyerap Racun


Fitoremediasi, teknologi yang menggunakan vegetasi untuk menyerap limbah berbahaya dari industri dan penghasil polusi lainnya. Sebuah riset telah menemukan enzim dari bakteri yang hidup di akar pohon dengan genus Populus yang dapat menyerap limbah beracun yang ada di dalam tanah.

Wah keren sekali jika tanaman digunakan untuk menyerap racun-racun ini... bumi makin hijau dan limbah beracun pun lenyap.

Wow  Tampaknya semakin canggih saja yah?

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar