Samsung Genoa, Kembarannya Corby

Bookmark and Share
Pintu Kaya -Mumpung hari besok adalah hari libur, saya ingin memberikan Postinga yang banyak saja sekalian. Tapi dengan syarat No Copas, hhe.

Tadi di Sekolahan saya tepatnya di SMK Telkom SP Jakarta, teman sebangku saya yang bernama Eka Muslim meceritakan ketertarikannya pada Samsung Genoa yang baru itu. Kata beliau Samsung Genoabentuk dan rupanya mirip sekali dengan Smasung S3653 Corby yang iabaru beli beberapa bulan yang lalu.
Aneh saya pikir, kelakuan anak Muda zaman sekarang (saya juga anak muda, lho )baru ganti Hape, eh sudah ganti lagi. Mungkin karena faktor ekonomi yang mendukung kali. bandingkan dengan saya. Hape saya semenjak 1-2 tahun yang lalu tetap sama tuh. (saya kritis atau sirik yah karena tidak mampu membeli).
lalu apa saja nih yang akan Pintu Kaya bahas di salah satu dari Hujan Postingan Malem Minggu ini?

Oke, simak Penuturan KompasTekno yang Pintu Kaya kutip ini :

Desain
Desain Samsung C3510 Genoa, memang mengingatkan akan tampilan hape Samsung S3653 Corby. Lewat wajah yang bulat lonjong, serta bentuk dan tata letak tombol. Semuanya sangat mirip. Tapi saat diamati lebih detail, terdapat sedikit perbedaan, yakni pada garis di bawah logo Samsung. Jika pada Corby, garis horizontal itu lurus membelah area layar dengan area tombol, sedangkan Genoa bergaris melengkung ke bawah. Perbedaan kecil lain terlihat pada letak speaker, serta bentuk dan warna tombol Back.

Antarmuka
Tampilan antarmuka sebuah hape berlayar sentuh merupakan hal yang penting. Selain berfungsi untuk men-display aplikasi yang ada, layar juga digunakan sebagai tombol ketik. Untuk mendukung antarmuka, layar sentuh Genoa memiliki ukuran 2,8 inci dengan 256 ribu warna berkerapatan 240×320 piksel. Layar berwarna tajam dengan komposisi kontras yang nyaman di mata. Spesifikasi ini ternyata sama persis dengan yang dimiliki oleh Corby.

Audio Player
Selain berdesain dan antarmuka serupa, ternyata Genoa juga memiliki kualitas audio yang sama dengan kembarannya, Corby. Suara yang keluar lewat speaker juga terdengar jernih dan bulat (surround), bahkan saat volume dipasang maksimal. Komposisi bass dan treble terasa pas ditelinga, apalagi jika equalizer diatur berdasar genre musik yang diputar. Kualitas yang lebih baik bisa didengar lewat earphone yang terpasang pada port. Suara yang baik ternyata disebabkan oleh kehadiran teknologi DNSe (Digital Natural Sound Engine) pada sistem audio player-nya.


Kamera
Kamera yang terdapat pada Genoa hanya berlensa 1,3 MP. Rasanya sudah sedikit terbayang bagaimana kualitas gambar yang diperoleh jika hape digunakan untuk memotret. Bagaimana mungkin mendapatkan hasil yang baik jika kualitas kamera minim. Namun, itu tidak terjadi pada Genoa. Pada layar hape, tersaji hasil foto dengan warna tajam. Hal ini ternyata juga berlaku saat foto dipindahkan ke PC. Kualitas yang sama tersaji pada layar computer. Gambar berwarna tajam dan tidak pecah.

Aplikasi dan Intenet
 Lagi-lagi, mirip Corby. Aplikasi yang ditanam pada Genoa tidak ada bedanya dengan pendahulunya itu. Mulai dari beragam situs komunitas: Facebook, MySpace, Friendster, Flickr, Photobucket, dan Picasa; media chatting: Palringo, hingga situs pencari: Google terdapat disini.
Sayangnya, tidak adanya widget khusus untuk Facebook yang dapat menjalankan aplikasi ini dalam kondisi minimize. Yang ada hanya widget untuk masuk ke aplikasi tersebut. Padahal tanpa ada widget khusus, kita tidak lagi bisa mengintip update status teman-teman kita secara terus-menerus seperti yang terjadi di Samsung Corby.

Baterai
Daya tahan baterai tergolong cukup baik untuk pemakaian normal. Tapi, jika dipaksa beroperasi untuk banyak kegiatan yang menguras tenaga, seperti browsing, maka ketahanannya tidak berlangsung lama. Paling hanya kuat untuk sehari. Maklum, kapasitas baterai hanya 960 mAh. Padahal, jika digunakan secara normal dapat bertahan hingga 3 hari. Sedangkan untuk mendengarkan musik secara terus-menerus dapat bertahan hingga 25 jam saja. 

Plus    : speaker bersuara jernih, hasil kamera berwarna tajam, layar sentuh responsif
Minus: kualitas kamera rendah, tidak bisa handwriting, desain kurang inovatif

nah, langsung saja deh ke Tabel Spesifikasi dari Samsung Genoa ini yang masih Pintu Kaya ambil dari KompasTekno, hehe :

Spesifikasi Samsung C3510 Genoa

RilisFebruari 2010
HargaRp. 1.300.000
Dimensi103,9 x 55,4 x 12,9 mm
Bobot92,2 gram
Baterai960 mAh
Waktu bicararata-rata 10 jam
Waktu siagarata-rata  720  jam
JaringanGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
LayarTFT touchscreen 2.8 inches, 256K colors, 240 x 320 pixels
Memori internal30MB
Memori eksternalMicro SD dapat di push hingga 8GB
KonektivitasEDGE Class 10, 236.8 kbps/GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots) 32—48 kbps, Bluetooth A2DP
Kamera1,3 MP
MessagingSMS, MMS, email, Gmail
AplikasiFacebook, Palringo,  Friendster, myspace, Photobucket, Picasa, Flickr, Java games Supports.
Isi paketHandphone Samsung C3510 Genoa, handsfree, baterai, charger, kartu garansi, manual book.
Lain-lainWAP 2.0/xHTML , MP3/WAV/eAAC+/WMA player, MP4/H.263/H.264 player,  radio FM, FM recording, DNSe (Digital Natural Sound Engine), 3.5 mm audio jack, Google Search, Widgets, Games, Voice memo, T9, Calculator, Calendar, Alarm, stopwatch, Speakerphone.

Wah, harganya sih cukup murah dibandingkan dengan Corby, tapi tetap saja saya tidak mampu beli dengan uang saya sendiri, hehe.

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar