Virus Menyebar di Facebook Melalui Video 'Sexy'

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Saya punya berita yang cukup penting dan perlu diwaspadai oleh Sobat Blogger yang juga aktif di facebook. Dua hari yang lalu, atau tepatnya hari Sabtu. Ibu saya sedang asyik-asyiknya online facebook. Kemudian Ibu saya dikirimi satu video yang terlihat lucu. Ibu saya pikir itu adalah video lucu yang agak merembet-rembet ke hal yang berbau konten dewasa. Namun ternyata setelah dibuka, video itu adalah video yang mempertontonkan tubuh wanita yang tentu saja mengandung pornografi. Segera saja Ibu saya tutup.

Ternyata ada hal yang tidak terduga. Setelah Ibu saya membuka facebook lagi. Tentu saja pasti ke halaman berandanya. Ternyata secara tidak sengaja Ibu saya telah mengirimkan link video itu kebeberapa temannya. Kalau tidak salah ada 15. wah, Ibu saya langsung panik dan agak bingung harus berbicara apa. kemudian saya pun dipanggil untuki mengatasi hal itu. Ya sudah saya hapus saja link kiriman video ibu saya di akun facebook teman ibu saya yang dikirimi video tadi.
Saya pun bingung, kok bisa-bisanya video itu langsung terkirimkan, masa sih virus. Padahal video tersebut berasal dari winamp. Siapa yang tidak kenal winamp? Winamp adalah musicplayer yang sudah dikenal banyak orang. Biasanya kan kalau kita ingin mengirimkan video harus ada konfirmasi dulu. Biasanya akan muncul pertanyaan "Apakah video ini ingin di share ke teman-teman anda?". nah ini kok nggak ada.

Selang beberapa hari kemudian ternyata ada beritanya di detikinet. Setlah saya baca artikel tentang video itu. Memang benar dugaan awal saya, link video tersebut adalah virus yang memanfaatkan kelemahan facebook.
Lalu apa ciri-cirinya?", oke simak penuturan alfons sang empunya vaksin.com yang saya kutip dari detikinet.

"Menurut Alfons, aplikasi ini cukup berbahaya karena mengeksploitasi sistem pengamanan Apps Facebook. Korban cukup mengklik link ke video seksi tersebut dan, tanpa perlu memberikan persetujuan apapun, ia akan mulai menyebarkan link ke account teman-teman sang korban.

Alfons pun menegaskan bahwa virus Facebook ini menyebar dengan memanfaatkan kelemahan pada Facebook. Oleh karena itu, apapun sistem operasi yang digunakan akan tetap rentan oleh serangan ini"

Wah, kalau begitu Sobat Blogger harus berhati-hati yah. Kejahatan di Dunia Maya semakin meningkat saja. Oh ya satu lagi nih buat mengingatkan. Ciri-ciri link video tersebut adalah seperti berikut (gambar : dari detikinet)


Well, mungkin hanya itu yang bisa saya ingatkan, semoga tetap tidak mengurangi kewaspadaan Sobat Blogger dalam menjelajah Internet, terutama facebook.

Related Post



{ 2 Komentar... Views All / Send Comment! }

mas bugie mengatakan...

infonya sangat membantu, thx

Zuhdi Robbani mengatakan...

Terimakasih telah berkunjung, sob.
sama-sama.
semoga hari mas bugie menyenangkan. Keep blogging!

Posting Komentar