Belajar dan Mengenal Joomla

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Melanjutkan dari postingan sebelumnya, yaitu tentang Jangan Cuma Nge-Blog doang! Maka saya memutuskan untuk sesekali membuat postingan mengenai berbagai macam CMS lainnya selain blogger/blogspot . Kebetulan pada kesempatan kali ini yang akan saya coba bahas adalah Joomla.

Saya fikir, mungkin banyak dari anda yang sudah tahu tentang CMS satu ini. Karena memang CMS satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas dan dari kalangan Web Developer sendiri. Namun tak ada salahnya kan jika kita berkenalan terlebih dahulu dengan CMS pecahan Mambo ini.

Sebelum kenal lebih jauh tentang Joomla, bukankah lebih baik kita kenal dulu darimanakah kata 'Joomla' itu berasal? Nama Joomla sendiri diambil dari bunyi kata “Jumla” yang berasal dari bahasa Swahili yang berarti “all together” atau “as a whole” atau “bersama-sama”. (sumber : disini)

Nah, lanjut tentang apa itu joomla? Seperti yang saya sudah bilang diatas Joomla adalah salah satu CMS dari sekian banyak CMS di dunia ini. Karena saya takut untuk salah mengartikan pengertian joomla, maka saya ambil saja pengertiannya dari Wikipedia

"Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL."

Sebanarnya Joomla sendiri tercipta dari Tim Inti Mambo yang hengkang. Selain itu Joomla  memang merupakan CMS yang Open Source. namun pada praktiknya (menurut saya) tetap saja Joomla cenderung lebih komersial. Karena banyaknya komponen-komponen dari Joomla yang tidak gratis alias bayar. ujung-ujungnya saya memakai bebrapa Nulled Extension (Jangan Ditiru!) Namun tentu saja tidak saya pakai di Dunia Online. Saya hanya memakainya untuk belajar saja di Server Lokal.

Nah, setelah kita mengenal sedikit lebih Joomla, sekarang saatnya kita "Belajar" tentang Joomla. Pertama-tama anda harus membutuhkan Server Lokal terlenbih dahulu di Komputer anda. Saya sendiri kurang begitu mengerti hal yang beginian. Maka dari itu saya mencari yang praktis-praktis saja yaitu dengan mendownload Satu Paket Server Lokal, dari database, Server, phpmyadmin, dan lain-lain. Anda bisa googling di Internet dengan mencari keyword "Free Download Wamp Server" atau anda juga bisa memakai saudara tuanya (Xampp Server) *Mohon maaf jika terdapat kesalahan pengetikan.

Nah, kemudian setelah anda mendownload dan menginstall Lokal Server (Proses Installasinya mudah, tinggal klik next-next saja) Maka anda tinggal mendownload file Joomlanya. Untuk mendapatka versi terkahir dari Joomla bisa anda download di situs resminya :
http://www.joomla.org/download
Nah, untuk Proses Installasinya akan dilanjutkan di Postingan selanjutnya.

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar