Belajar dan Mengenal Wordpress

Bookmark and Share
Pintu Kaya - Masih melanjutkan postingan mengenai CMS lainnya. Ya, karena saya sudah merasakan agak sedikit bosan dengan Platform blogspot. Walaupun Blogger terus melakukan pengembangan, namun tetap saja saya merasa ada yang kurang. Ya, karena jika sudah agak menguasai satu platform, maka akan penasaran dengan Platform lainnya.

Setelah sebelumnya saya posting tentang Belajar dan mengenal Joomla, Maka, kali ini kita akan mencoba belajar dan berkenalan dengan Wordpress. Mungkin, bisa dibilang jika anda baru belajar mencoba CMS, maka sebaiknya anda menggunakan Wordpress terlebih dahulu. Makanya saya rasa salah mem-posting terlebih dahulu mengenai Joomla. Harus, saya akui Joomla agak sedikit sulit bagi pemula. Saya pun demikian begitu, sewaktu baru belajar menggunakan Joomla, terasa bingung harus mengaturnya bagaimana. Namun, setelah menguasainya saya rasa Joomla cukup efisien untuk sebuah CMS yang powerful.

Well, pertama-tama yang akan dibahas disini adalah Wordpress yang berada di hosting sendiri. Jadi bukan berasal dari hosting Wordpress.com . Sebelum belajar ada kalanya kita mengenal lebih jauh yuk, mengenai Wordpress ini. Walaupun saya rasa sudah banyak yang mengetahui CMS yang cukup populer ini.

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). 

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

Versi yang terakhir dikeluarkan oleh Wordpress sampai saat postingan ini dibuat adalah 3.0.1 yang tentunya bisa anda download di situs resminya disini : http://wordpress.org/download/

Wordpress pun tak hanya bisa dijadikan untuk CMS ataupun Blog biasa. Wordpress juga bisa dikembangkan menjadi sebuah ecommerce, tentu saja setelah dikawinkan dengan buddypress, seperti halnya Joomla yang digabungkan dengan virtuemart. Maka, tak heran jika Wordpress merupakan CMS terbaik saat ini.

Oke, untuk saat ini itu saja dulu yang saya bisa berikan. Postingan selanjutnya akan saya bahas mengenai Proses Installasi Wordpress di localhost, dan berikutnya lagi baru di Hosting (gratisan)

Related Post



{ 0 Komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar